cara buat vco tanpa pemanasan

´╗┐Cara Buat VCO Tanpa Pemanasan

Selain itu, kelapa juga menghasilkan produk olahan Yang paling populer akhir-akhir ini adalah Virgin Coconut Oil (VCO) yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berbagai cara membuat vco seperti cara membuat vco tanpa pemanasan, sedimen, dan lain-lain.

Virgin coconut oil (VCO) merupakan salah satu produk olahan tanaman kelapa berupa cairan dengan warna bening dan bau khas kelapa serta umur simpan yang panjang.

Berbeda dengan kopra minyak kelapa Ini dibuat melalui proses uncleasan sehingga sifat-sifat minyak yang dihasilkan akan berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau dan mudah dilakukan umur simpan tidak lama.

Dengan bahan baku yang mudah didapat dan juga pengolahan sederhana murah (tanpa batasan) membuat minyak kelapa murni lebih ekonomis dibandingkan olahan minyak kopra kelapa yang diolah dengan cara dibatalkan.

Dari perspektif ekonomi, minyak kelapa murni memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa kopra murni kelapa lebih menguntungkan untuk dikembangkan.

 

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

cara buat vco tanpa pemanasan

Pembuatan Vco dapat dengan berbagai metode seperti pemanasan, ekstraksi, curah hujan. Ada juga yang membuatnya dengan mesin vco. Berikut cara membuat vco tanpa pemanasan.

1. Pemilihan Kelapa

Pemilihan daging kelapa merupakan proses awal pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dan menentukan jumlah minyak yang akan diproduksi, pilih buah kelapa yang hampir tua, karena pertumbuhan daging cukup dan tebal maka pemilihan kelapa berkualitas juga dibutuhkan.

Pada saat kelapa sudah tua, kandungan minyak telah berubah menjadi karbohidrat dan di pangkal kelapa biasanya ada gandos yang merupakan benjolan kekuningan kecil. Jika gandonya besar tidak boleh digunakan karena kandungan minyak dalam daging buah sudah mulai berkurang.

2. Membuat Kelapa

Setelah mendapatkan kelapa yang sesuai, kemudian mulailah membuat santan, santan yang diolah dengan cara diparut atau dicampur.

Kemudian parutan hangat yang diisi dengan air matang secukupnya, maka kita bisa memeras kelapa parut dan mencairkan air hangat. Setelah diperas dari parutan kelapa bisa menghasilkan santan.

3. Proses Pemisahan Santan

Cara selanjutnya dalam proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) santan bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik untuk memudahkan menghilangkan udara di bawah santan.

Setelah itu tutup kantong plastik menggunakan karet gelang. Kemudian diamkan kurang lebih 1-2 jam, usahakan selama tidak digunakan untuk mengurangi pergeseran kantong plastik dan tempat di tempat yang datar.

Proses selanjutnya adalah membuat VCO, setelah dibiarkan membentuk 2 lapis dalam kantong plastik berisi santan. Bagian atas adalah santan kental dan bagian bawahnya adalah air.

Karena kita tidak menggunakan air, biarkan air terbuang melalui lubang plastik di bawah santan dan segera tutup lubang ketika air dalam santan telah habis.

4. Proses Kedua Memisahkan Santan

Proses dan kelanjutan pembuatan Virgin Coconut Oil selanjutnya adalah santan kental yang telah dipisahkan menjadi wadah plastik bersih dan tertutup.

Setelah itu, selama 24 jam santan akan menjalani proses ekstraksi di mana gelembung akan muncul di permukaan dan membuat minyak mulai terpisah.

Setelah 24 jam, 3 lapis santan akan terbentuk. Lapisan atas adalah minyak, bagian tengahnya adalah santan atau bubur blondo dan bagian bawahnya adalah udara.

Selanjutnya, minyak dalam santan adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang nantinya dapat digunakan dan dirasakan, VCO dapat berasal dari zat lain dengan memasukkan botol bersih.

Memisahkan minyak dari santan membutuhkan kesabaran dan kesabaran karena santan biasanya dibawa dalam minyak sehingga cepat tercium.

Anda dapat menambahkan minyak dengan menggunakan corong yang memungkinkan kain atau jaringan menyaring tanpa aroma, sehingga membantu mencegah santan atau bubur kelapa terbawa suasana.

Kemudian sendok dengan lembut dan tuangkan di atas filter. Biarkan minyak menetes dengan lembut ke dalam botol.