Menu

Aneka Keuntungan Budidaya Ikan Konsumsi

Indonesia terkenal dengan negara agraris yang memiliki beragam ekosistem laut yang indah. Terlihat dari banyaknya pulau-pulau yang dijadikan sebagai objek wisata alam, membuat penduduk sekitar memiliki mata pencaharian tambahan, salah satu contohnya yaitu pedagang.

Selain berdagang, mereka juga melakukan budidaya ikan yang ditujukan untuk pasar maupun rumah makan yang menyajikan hidangan laut.

Budidaya Ikan Konsumsi

Budidaya ikan yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat, maupun turis mancanegara harus memiliki kualitas ikan yang baik dan sehat. Beberapa jenis ikan yang sering dilakukan budidaya, diantarnya: ikan lele, budidaya ikan nila, ikan gurame, ikan bawal, dan lainnya.

Inilah Berbagai Keuntungan Budidaya Ikan Konsumsi

Budidaya ikan sendiri, bertujuan untuk menjaga mutu ikan yang dipanen maupun kelangsungan habitat ikan yang ada di laut, sehingga tidak mudah punah. Oleh karena itu, kalian yang masih bingung dengan manfaat yang dimiliki dari budidaya ikan konsumsi, perhatikan penjelasan berikut:

1.Sebagai Sumber Pendapatan

Nelayan merupakan salah satu mata pencaharian yang mengandalkan kelimpahan alam dibawah laut. Mereka berlayar saat air laut sedang pasang, sedangkan saat air laut surut nelayan akan kembali ke permukaan. Tidak hanya nyawa yang dipertaruhkan, kebutuhan solar yang digunakan untuk menjalankan perahu ke tengah laut, menjadi masalah yang sering dihadapi.

Budidaya adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil ikan dengan kualitas baik. Selain dapat dilakukan di rumah atau lahan kosong, hasil panen yang diperoleh dapat menjadi sumber pendapatan baru.

2.Modal Usaha yang Terjangkau

Kalian yang ingin memulai usaha budidaya ikan konsumsi, tidak perlu khawatir dengan modal awal yang dikeluarkan. Cukup pastikan kolam ikan yang dibuat memiliki luas yang ideal disesuaikan dengan lahan yang dimiliki, maka budidaya ikan dapat berlangsung dengan aman.

Harga yang dikeluarkan untuk membuat kolam, benih ikan, perawatan serta alat pemasok oksigen kedalam kolam, keseluruhannya menghabiskan uang yang tidak terlalu fantastis atau terjangkau. Pemilik budidaya ikan, bahkan dapat menghasilkan keuntungan berlipat bila menerapkan sistem pemeliharaan ikan yang sesuai.

3.Kebutuhan Gizi

Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan, baik untuk pertumbuhan dan perkembangan setiap orang. Salah satunya adalah protein. Kandungan protein dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta membantu pembentukan tulang dan otot tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, maka keberlangsungan budidaya bagi para peternak ikan akan bertahan dalam jangka waktu lama.

Pencemaran laut yang sudah tidak terkendali, menjadi salah satu dorongan kuat untuk dilakukan budidaya ikan. Mutu ikan dapat terjaga dengan baik hingga ke tangan konsumen. Pemeliharaan yang cukup mudah dengan modal yang terjangkau, membuat banyak orang mulai melakukan usaha ternak ikan. Sekian penjelasan terkait manfaat dari budidaya ikan. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih Telah Membaca Detail Berita: Aneka Keuntungan Budidaya Ikan Konsumsi

Baca Berita lain Hewan
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKenali Jenis Pakan Ikan yang Tepat Agar Koi Cepat Besar
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Istimewa Dari Maine Coon Cats?
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHal Yang Perlu Anda Ketahui tentang Bibit Ikan Gurame
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail