Bagian yang sangat penting dari surat lamaran kerja

Ketika anda mencari pekerjaan, Anda akan perlu untuk mengumpulkan banyak dokumen penting. Salah satunya adalah surat lamaran pekerjaan. Jelas, langkah-langkah yang tepat perlu diambil ketika menulis surat lamaran pekerjaan ini untuk membuatnya lebih mungkin untuk diterima. Surat lamaran untuk suatu pekerjaan harus memiliki bagian-bagian berikut:

1. Alamat pengirim

Beberapa orang memasukkan bagian ini dalam surat lamaran pekerjaan mereka, sementara yang lain tidak. Alamat pengirim biasanya ada di kanan atas surat, jika Anda benar-benar ingin menuliskannya.

2. Di mana dan kapan itu ditulis

Di bagian selanjutnya, tertulis di mana dan kapan itu ditulis. Bagian ini akan ditulis setelah menulis alamat pengirim. Anda harus menggunakan jarak antara dua atau tiga spasi sehingga terlihat bersih dan tidak terlalu berdekatan.

3. Hal dan lampiran

Adanya hal dan lampiran dalam surat akan menunjukkan mengapa surat itu ditulis. Jika tidak ada lampiran pada surat lamaran kerja, Anda dapat membiarkan kolom ini kosong.

4. Tujuan penerima surat

Bagian selanjutnya adalah tentang orang yang akan mendapatkan surat itu. Biasanya, bagian ini dimulai dengan istilah “Kepada” seperti “Kepada HRD PT AXX”. Setelah itu, sertakan nama lengkap dan alamat perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Pastikan Anda memeriksa kembali apakah alamat perusahaan sudah lengkap atau belum.

5. Salam

Jadi mulailah dengan salam. Salam ini tidak boleh dikaitkan dengan agama tertentu dan harus digunakan oleh semua orang. Anda dapat memulai surat Anda dengan “hormat” yang merupakan salam standar untuk surat formal seperti lamaran kerja.

6. Paragraf Pembuka

Surat lamaran pekerjaan ini dipecah menjadi beberapa bagian yang perlu dilakukan dalam urutan yang benar. Setelah salam, Anda dapat menulis paragraf pembuka. Di sinilah Anda dapat mengatakan bagaimana Anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut.

7. Isi surat lamaran

Inilah inti dari surat lamaran untuk lamaran pekerjaan. Di bagian ini, Anda dapat mengungkapkan seluruh identitas Anda. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menuliskan bahwa Anda ingin melamar pekerjaan di posisi yang Anda inginkan. Pastikan bahasanya resmi dan ditulis dengan cara yang masuk akal.

8. Paragraf Penutup

Setelah memastikan bahwa surat itu ditulis dengan baik, Anda dapat segera menulis paragraf terakhir alias paragraf penutup. Di bagian ini, Anda dapat mengatakan seberapa besar Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar dan bergabung dengan tim. Di bagian ini, Anda juga bisa mengucapkan “terima kasih.”

Ini adalah bagian dari surat lamaran kerja yang harus ada. Setelah Anda menyelesaikan surat lamaran kerja, Anda dapat melamar di situs lowongan kerja secara online sehingga Anda dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda.