Biaya Audit Laporan Keuangan

Sehubungan dengan sangat diperlukannya laporan keuangan yang relevan serta kredibel, audit atas laporan keuangan sangat diperlukan. Auditor atau jasa audit laporan keuangan yang dipercaya ata tugas ini juga sebaiknya jangan dipilih secara sembarangan, melainkan pilihlah auditor yang independen.

Maksudnya adalah auditor itu harus yang tidak memihak atau netral. Tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk membayar jasa audit tersebut, dan informasi mengenai biaya ini ada dalam uraian berikut.

Estimasi Biaya Audit Laporan Keuangan

1.    Komponen Penentu Biaya Audit

Sebelumnya perlu diketahui bahwa besarnya biaya audit ini sangat bervariasi yang kisarannya mulai dari angka jutaan rupiah saja hingga miliaran per tahunnya. Biaya audit ini umumnya ditentukan oleh tiga komponen yakni:

  • Jumlah personil yang melakukan audit
  • Tarif audit per jam masing-masing personil
  • Waktu yang akan digunakan untuk melakukan audit

Ketiga komponen tersebut akan dipertimbangkan serta ditentukan dengan berdasarkan pada karakteristik perusahaan yang akan diaudit. Selain itu, harus diketahui juga bahwa personil audit juga ada beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan pengalaman serta kualifikasi masing-masing.

Tingkatan tersebut dimulai dari asisten auditor, junior, senior, manajer serta manajer senior. Pastinya masing-masing personil tersebut memiliki lingkup pekerjaan yang lebih spesifik dalam mengaudit.

2.    Tarif Untuk Setiap Personil Audit

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, masing-masing personil itu ada tingkatannya dan kualifikasinya pun berbeda-beda. Oleh sebab itu, wajar bila setiap personil tersebut memiliki tarif tersendiri yang dihitung per jam.

Sekali lagi, masing-masing jasa audit laporan keuangan itu punya tarif tersendiri ya, jadi silahkan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa mereka. Tabel ini akan memberikan Anda gambaran mengenai tarif personil audit per jam.

PosisiTarif Per Jam
Asisten AuditorRp 75.000
Junior AuditorRp 150.000
Senior AuditorRp 200.000
ManagerRp 400.000
Senior ManagerRp 600.000
PartnerRp 1.000.000

Dengan gambaran di atas, nanti langsung dikalikan saja dengan banyaknya waktu yang diperkirakan yang akan dihabiskan oleh personil untuk melakukan tugasnya.

3.    Karakteristik Perusahaan

Tidak hanya dilihat dari jam serta kualifikasi auditor, biaya untuk audit juga bisa diperkirakan dengan melihat karakteristik perusahaan. Karakteristik ini diantaranya adalah besar-kecilnya perusahaan, jenis serta bentuk perusahaannya serta ada tidaknya cabang dan anak perusahaan.

Memang ada cukup banyak hal yang bisa mempengaruhi biaya untuk audit laporan keuangan. Agar lebih mudah, sebaiknya konfirmasi saja dengan jasa yang akan digunakan.

Sedangkan kalau Anda membutuhkan jasa audit laporan keuangan yang biayanya terjangkau, coba deh kunjungi website https://www.consultpro.id/. Ada banyak informasi bermanfaat di sana termasuk seputar estimasi biaya pelaksanaan audit ini.