Menu

Cara Membersihkan Virus di Flashdisk

Virus menjadi salah satu momok menakutkan bagi siapa saja yang memiliki komputer atau laptop. Sebab banyak hal yang terjadi akibat adanya virus. Efek ketika ada virus itu bermacam-macam mulai dari perangkat menjadi lebih lambat, tiba-tiba saja hang bahkan bisa sampai tidak dapat menyalah sama sekali.

Salah satu model penyebaran virus yang sering terjadi dan ini tidak disadari banyak orang yakni melalui flashdisk. Yang mana terjadi saat memindahkan data atau file dari satu kperangkat ke perangkat yang lain dan sebaliknya. Saat memindahkan data dari salah satu perangkat yang terjangkit virus secara otomatis akan membawa virus ke tempat yang lainnya.

Cara Membersihkan Virus di Flashdisk

Agar Kejadian ini tidak terjadi di maka sebaiknyadi lakukan tindakan pencegahan. Bagaimana caranya? Setelah membaca dari situs servicekomputerpanggilantangerang.com, dapat di ceritakan kembali seperti:

#1. Gunakan antivirus

Perlu sekali komputer dipasang anti-virus terlebih kalau anti-virus yang dipakai harus di-update secara berkala. Menjadikan  virus sangat susah menyusut ke dalam komputer atau laptop yang dikarenakan perangkat memiliki sebuah security yang bagus. Software anti-virus tidak hanya mengetahui keberadaan virus pada perangkatnya saja namun bisa juga mendeteksi pada sebuah flashdisk.

Untuk mengetahui virus yang ada di flashdisk ini tidaklah sulit, caranya seperti ini:

  • Masukkan flashdisk pada port USB yang ada
  • Biarkan beberapa saat, tidak akan lama lagi anti-virus menscan secara otomatis
  • Bila mana anti-virus mendeteksi sebuah virus maka akan dilakukan dua cara mulai dari mengkarantina atau menghapusnya.

#2. Pakai perintah CMD

Saat virus sudah menginfeksi perangkat hal yang sering terjadi adalah akan membuat banyak shortcut dan namanya unik membuat orang penasaran untuk mengkliknya. Shortcut ini akan bertambah bilamana nanti diklik dan terbuka. Bila sudah terjadi seperti ini bisa dikatakan ini disebab virus. Untuk menghilangkan juga bisa memakai CMD.

Ketika memakai CMD kita bisa menghilangkan virus virus tersebut perangkat yang ada ada tanpa harus kehilangan data. Lalu caranya bagaimana? Ikutin panduan di bawah ini:

  • Colokan flash disk ke port USB
  • Ketika sudah terpasang kemudian klik hidden file. Seringnya file-file yang akan terbuka lagi
  • Buka perintah pada CMD, langkahnya : Menu kemudian ke All program dilanjutkan ke aksesoris klik pada bagian command prompt. Untuk mempercepat bisa dengan mengetikkan CMD pada kolom pencarian
  • Bila CMD sudah terbuka langkah selanjutnya adalah mengecek kembali lokasi flash disk yang ada. Pastikan mengetahui drive yang ada. Misalkan di drive G. Sehingga bisa memberikan perintah dengan mengetikkan g pada command prompt.
  • Selanjutnya ketikkan perintah seperti ini -s -r -h /s /d di depan Drive yang diinginkan. Setelah itu pencet enter.
  • Lalu untuk melihat hasilnya silakan kembali ke flash disk. Dimana data-data penting itu bisa terlihat kembali. Bila sudah bisa melihat data kembali ada baiknya untuk segera memindahkan isi yang ada.

#3. Pakai aplikasi removal tool

Untuk membersihkan virus dari flash disk kita bisa menggunakan sebuah aplikasi removal tool. Sebuah aplikasi yang banyak dipakai orang saat ini. Instal terlebih dahulu program kedalam perangkat yang ada yang selanjutnya lakukan scan seperti biasa. Bila mendapatkan virus maka segera hapus saja.

#4. Pakai anti-virus portable

Sebuah anti-virus itu umumnya memiliki ukuran file yang besar bila ingin diinstal. Ini tidak akan bermasalah apabila tempat penyimpanannya sendiri memiliki kapasitas yang besar. Namun bila memiliki tempat penyimpanan yang kecil maka bisa menggunakan anti-virus jenis portable. Kelebihannya adalah aplikasi antivirus ini tak harus diinstal pada perangkatnya dan bisa dibawa kemana-mana.

Sangat mudah sekali bukan untuk membersihkan virus pada flashdisk. Namun bagi anda yang tidak bisa juga ada baiknya menyerahkan kepada ahlinya saja seperti service komputer jakarta. Ini penting sekali karena virus sangat berdampak buruk pada komputer. Jangan tunggu sampai virus merusak semua perangkat hardware dan software sendiri.

Terima Kasih Telah Membaca Detail Berita: Cara Membersihkan Virus di Flashdisk


Baca juga tentang Keuangan : Solusi pinjaman modal bisnis UMKM gunakan aplikasi Pinjaman BRI persembahan dari Bank Rakyat Indonesia.
Baca Berita lain Teknologi
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSistem CCTV Untuk Keamanan Rumah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTeknologi Canggih untuk Olahraga di Rumah
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengapa Harus Sepeda Motor Listrik
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTrik Belajar SEO untuk Pemula Sampai Bisa
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail