cara membuat keripik mangga

Cara Membuat Keripik Mangga Yang Lezat

Hallo kakak-kakakku, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik mangga yang rasanya sangat lezat dan bikin kalian ingin menambah terus nih. Jadi kalian wajib sekali mencoba resep-resep yang saya bagikan kali ini.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan yang lagi hitz sekarang, ya kerupuk mangga dengan cita rasa yang sangat nikmat dan juga memiliki teknik pengolahan yang mudah sehingga kalau kalian punya mangga lebih kalian dapat mengolahnya dengan resep ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa resep mangga dan juga cara pengolahannya yang jauh lebih simpel dibandingkan dengan resep-resep keripik mangga yang lainnya. Jadi jangan ragu untuk menggunakan resep yang saya bagikan ini ya guys.

 

Pengertian Keripik Mangga

Keripik mangga adalah salah satu jajanan nusantara yang memiliki bahan dasar berupa buah mangga yang dipotong dengan tipis dan juga memiliki cita rasa yang sangat gurih sehingga banyak sekali yang menyukai makanan satu ini dan banyak yang ingin membuatnya.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat unik karena memiliki rasa yang gurih dan juga manis, sangat cocok untuk kamu makan ketika kamu sedang menonton acara televisi atau ketika kamu sedang mengerjakan tugas kantor, sekolah dan lain-lainnya.

Keripik mangga memang sudah sangat populer dikalangan anak-anak muda hingga orang dewasa karna banyak sekali yang menyukai makanan nusantara satu ini, jadi jangan heran jika banyak sekali yang sudah tahu dengan cemilan yang bikin ketagihan ini.

Selain itu, keripik mangga juga memiliki banyak sekali peminatnya sehingga bisa dibilang makanan atau jajanan favorit bagi warga negara indonesia dan juga sudah sering mengalami perubahan dari segi rasanya ataupun dari sgi kemasannya yang cantik.

Namun kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa kalian harus keluar rumah, cukup mengolah sisaan mangga yang kalian punya dan walah keripik mangga buatan kalian akan jauh lebih nikmat dibandingkan jika kalian membelinyab diwarung-warung.

 

Cara Membuat Keripik Mangga Yang Gurih Dan Renyah Banget

1. Keripik Mangga yang Enak dan Renyah Original

Cara Membuat Keripik Mangga yang Enak dan Renyah Original

Bahan-Bahan :

  • 15 kilogram buah mangga yang sudah setengah matang
  • 3 kilogram Minyak goreng untuk menggoreng
  • 350 gram gula pasir
  • 250 gram kapur sirih
  • Air mineral secukupnya
  • 80 gram garam halus

Cara Membuat Keripik Mangga Yang Enak Dan Renyah Original :

  1. Sipapkan semu bahan yang akan digunakan, kupas kulit buah mangganya terlebih dahulu, kemudian bersihkan mangga hingga getahnya menghilang, potong-potong secara tipis.
  2. Kemudian, campurkan air mineral menggunakan kapur sirih yang sudah disediakan, aduk-aduk hingga semuannya tercampur rata.
  3. Rendamkan buah mangga yang sudah dipotong-potong tadi kedalam air yang sudah dicampu menggunakan kapur sirih agar nanti rasanya jauh lebih keriuk-keriuk dan lezat.
  4. Setelah itu, cucilah buah mangga tersebut hingga kalian mencucinya dengan bersih, kemudian tiriskan mangga yang sudah dibersihkan hingga airnya menghilang dari mangganya.
  5. Kemudian kalian masukkan mangga kedalam mesin penggorengan yang sudah diisikan minyak goreng sebelumnya.
  6. Nyalakan api kompor dengan ukuran api yang sedang saja, tunggu hingga minyaknya meletup-letup, lalu masukkan buah mangga tadi kedalm minyak goreng yang sudah panas.
  7. Tunggu hingga minyaknya sudah tidak berbuih lagi, jika sudah tidak berbuih itu tandanya keripik mangga sudah matang. angkat lalu tiriskan terlebih dahulu agar minyaknya hilang.
  8. Siapkan alat perebus, masukkan gula pasir dan juga garam kedalam air yang sudha mendidih, kemudian kalian aduk-aduk hingga semuanya larut dan tercampur rata.
  9. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng tadi kedalam rebusan gula pasir kemudian kalian aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata dan juga meresap.
  10. Kemudianjika sudah matang, kalian simpan kealam toples yang tertutup agar teksturnya masih tetap renyah.
  11. Kalian bisa langsung memakannya bersama keluarga kalian yang suka dengan buah mangga tersebut.

Nah Jadi seperti itu ya kak, resep dan juga cara membuat keripik mangga yang sangat nikmat dan yang pasti kalian akan ketagihan dengan rasanya, jadi kalian harus mencobanya ya. Kamu nisa menggunakan mesin penyaring minyak untuk mempermudahnya.

Untuk resep yang selanjutnya saya akan membagikan keripik mangga yang rasanya tidak kalah dengan resep-resep terkenal yang sering saya lihat dan juga saya temukan direstoran terkenal, jika kalian penasaran yuk kita cari tahu cara pengolahannya.

2. Keripik Mangga Pedas Original

Cara Membuat Keripik Mangga pedas original

Bahan-Bahan :

  • 20 kilogram buah mangga yang sudah matang (Mangga apa saja)
  • 300 gram gula pasir
  • 150 gram gula halus
  • minyak goreng atau minyak sayur secukupnya
  • Air mineral secukupnya
  • 200¬†gram kapur sirih
  • Bubuk Cabai, secukupnya saja

Cara Membuat Keripik Mangga Pedas Original :

  1. Kalian siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan, kups terlebih dahulu buah mangganya, lala cuci hingga bersih (hingga getahnya benar-benar menghilang dari mangganya).
  2. Kemudian kalian potong-potongkan buah mangga secara tipis, lalu sisihkan. Campurkan kapur sirih dengan air mineral secukupnya saja ya, lalu aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata didalam wadah tersebut.
  3. Setelah itu, kalian rendamkan buah mangga yang sudah dipotong dan sudah dibersihkan tadi, masukkan ke dalam air larutan kapur sirih selama 5 jam saj ya guys.
  4. Kemudian kamu cuci kembali buah mangga yang sudah direndaa tadi agar buah mangga tersebut jauh lebih bersih.
  5. Jika sudah selesai, tiriskan terlebih dahulu buah mangga yang sudah dicuci hingga airnya mengering dan sisihkan buah mangga.
  6. Siapkan alat vacuum frying atau alah penggorengan, tuangkan minyak goreng kedalamnya, panaskan terlebih dahulu minyaknya. Masukkan buah mangga kedalam penggorengan hingga matang dan goldenbrown.
  7. Jika minyaknya sudah tidak berbusa maka tandanya keripik mangga sudah matang dan juga angkat lalu tiriskan terlebih dahulu agar minyaknya tidak menemper dilapisan kerupuknya.
  8. Taburkan keripik mangga dengan bubuk cabai agar terasa lebih lezat dan juga bisa membuat ketagihan.
  9. Jika sudah selesai kamu bisa mendinginkannya terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam wadah toples yang berih dan tidak kotor.
  10. Kalau sudah dingin, masukkan keripik mangga kedalam toples yang sudah disediakan, jika tidak punya kamu bisa menggunakan pelastik yang bersih juga untuk keripik mangganya.
  11. Kalian juga dapat mengkonsumsinya secara langsung dan dapat dinikmati ketika sedang lapar.

Nah jadi seeperti itu guys cara membuat keripik mangga pedas original yang dapat kalian coba dna juga kalian bikin dirumah kalian masing-masing, saya pastikan rasanya akan lezat dan bikin nagih. Jika kalian membutuhlkan mesin yuk kita cek diwebnya Rumah Mesin.

 

6 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Bisa Membantu Mengatasi Sembelit

Kandungan yang terdapat pada buah mangga adalah kandungan zat serat yang snagat banyak, kandungan serat dapat membantu manusia untuk mengatasi masalah penyakit sembelit sehingga kandungan tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia yang sedang sakit.

Maka dari itu, kalian wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung olahan buah mangga seperti keripik mangga ini agar penyakit sembelit kalian dapat dengan mudah teratasi dan juga kalian tidak akan terjangkit penyakit ini untuk kedepannya jika kalian memakannya.

2. Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Dan Ketajaman Mata

Selain kandungan serat, buah mangga juga memiliki kandungan beupa sejumlah senyawa yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kalian sehingga mata kalian tidak akan mudah lelah dna juga tidak akan terjangkit yang namanya penyakit mata seperti mata min.

Jadi kalian harus banget nih mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan yang dapat menjaga kesehatan mata kalian sehingga kalian akan memiliki  mata yang sehat dan juga memiliki penglihatan yang sangat baik sehingga kalian tidak perlu cemas lagi.

3. Buah Mangga Bisa Mengendalikan Gula Darah

Kandungan lainnya yang ada pada buah mangga adalah kandungan zat yang dapat membantu kamu untuk mengendalikan gula darah yang terdapat pada tubuh manusia sehingga mengkonsumsi buah mangga sangt direkomendasikan oleh para ahli ilmuan.

Oleh karna itu, konsumsilah buah mangga sesuai dengan kebutuhan tubuh kalina sehingga tubuh kalian tidak akan terserang penyakit yang membaahayakan bagi tubuh kalian kedepannya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit Manusia

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah mangga sudah terbukti sekali dapat membantu kamu untuk menjaga dan juga menyehatkan kulit kalian, jadi jika kalian mengkonsumsi buah mangga maka kulit kalian akan halus dan juga snagat sehat untuk dipegang.

Maka kalau kalian ingin mmeiliki kulit yang sehat dan juga bersih maka kaian wajib sekali nih mengkonsumsi makanan yanga mengandunga buah mangga yang cukup untuka tubuh kalian masing-masing.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk yang kelima adalah dapat membantu kamu untuk menjaga dana juga meningkatkan daya tahan tubuh manusia, pasalnya mangga memiliki banyak sekali vitamin yang ada didalamnya, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi kalian wajib nih mengkonsumsi buah mangga agar tubuh kalian tetap sehat dan juga memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga kalian dapat melakukan aktivitas yanag beratdengan sangat mudah dan juga memiliki energi yang cukup untuk kedepannya.

6. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan yang terdapat pada buah mangga adalah kandungan serat dan juga sejumlah zat yang sangat penting untuk tubuuh manusia sehingga kalian harus mengkonsumsi buah mangga sesuai dengan kebutuhan tubuh kalian dan juga porsi yang kalian inginkan.

Maka dari itu, kalau kalian tidak ingin tererang penyakit jantung kalian sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanna yang mengandung serat sehingga kaalian akna terhindar dari penyakit yang snagat ditakutkan oleh masyarakat diseluruh dunia seperti penyakit jantung.

 

Tips Dan Trik

Jika kalian ingin membuatkeripik mangga maka pilihlah buah mangga yang masih terlihat segar dan juga masing baru dipetik dari pohonnya agar keripik kalian jauh lebih nikmat dan juga sangat lezat.

Pemilihan buah mangga yang baik dapat mempengaruhi kualitas rasa makanannya dan juga kualitas ketahanan makanannya sehingga kalian wajib memilih buah mangga dengan kondisi yang masih baru dan juag tidak busuk agar ras ayang dihasilkan jauh lebih enak dan nikmat.

Nah jadi cuma itu saja ya kakak-kakaku, resep dan juga cara membuat keripik mangga yang sngat nikmat dan juga bikin kalian ngiler, jika kalian tertarik dengan resep yang saya bagikan ini, kalian jangan ragu untuk mencobanya dirumah kalian,, sekian dan terimakasih.