Menu

Belajar Cara Menggunakan Tensimeter Manual Dengan Mudah

Cara menggunakan tensimeter manual sebenarnya tidak sulit. Tergantung dari kemauan anda yang akan menggunakan. Apakah perlu belajar ? Memang untuk kita yang orang awam tentunya perlu belajar dan berlatih hingga dapat menggunakannya dengan benar. Namun bukan berarti tidak bisa. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara menggunakan tensi manual yang saya pelajari secara otodidak dari seumber – sumber di internet.

Cara Menggunakan Tensimeter Manual

Agar anda dalam belajar bisa efektif maka ada baiknya anda sudah memiliki sebuah alat tensi jenis manual ini. Anda bisa pilih jenis tensimeter aneroid (jarum) yang relatif mudah. Anda bisa beli di toko atau distributor alat kesehatan terdekat dari rumah anda, atau anda juga bisa beli secara online. Bila anda belum memilikinya, baca dulu dan save artikel ini bila perlu. Berikut ini langkah – langkah menggunakan tensimeter manual untuk mengukur tekanan darah.

  • Langkah pertama siapkan alat tensimeter manual jenis aneroid atau tensimeter jarum
  • Kemudian sediakan juga stetoskop, di awal – awal, alat ini digunakan untuk mempermudah analisa suara denyut nadi
  • Kalau suda siap, pasang manset tensi pada lengan kiri anda. Pastikan anda memasangnya dengan benar, biasanya terdapat petunjuk gambar pada bagian bawah manset
  • Kemudian setelah itu, kenakan juga stetoskop dan letakkan kepala stetoskop di lengan anda dimana anda dapat mendengar denyut nadi dengan cukup jelas. Hal ini akan berguna nantinya saat pengukuran dilakukan
  • Untuk mulai pengukuran, posisikan manometer (jarum penunjuk tekanan) pada tempat yang mudah teramati oleh anda.
  • Pegang bola tensimeter dengan tangan kanan anda dan posisikan ibu jari dan jari telunjuk memegang sekrup Pelepas udara.
  • Putar sekrup hingga dalam kondisi tertutup dan mulailah memopa bola tensi
  • Perhatikan jarum pada manometer, pompa tensi hingga anga jarum menunjuk angka 180 mmHg. Kemudian berhenti sejenak dan putar katup hingga udara mengalir dengan lambat. Hal ini akan membuat jarum tensi turun perlahan.
  • Perhatikan dengan seksama, anda akan mulai mendengar denyut nadi keras. Angka berapa yang ditunjukan pada jarum saat anda mendengar denyut yang paling keras.
  • Itulah tekanan darah sistolik atau bagian atas
  • Pantau terus dan dengarkan baik – baik, suara denyut nadi yang keras akan mulai menghilang, catat dimana saat anda mendengar denyut nadi paling rendah seperti desiran angin. Itulah tekanand arah diastolik.
  • Dengan demikian, tekanan darah anda adalah sistolik/diastolic mmHg.

Anda bisa mengulanginya beberapa kali untuk menyakinkan anda bahwa pengukuran anda sudah benar dan tidak berubah. Dengan banyak berlatih anda akan terbiasa untuk melakukannya hingga akhirnya bisa dengan sangat mudah. Sekian, semoga bermanfaat !

Terima Kasih Telah Membaca Detail Berita: Belajar Cara Menggunakan Tensimeter Manual Dengan Mudah

Baca Berita lain Kesehatan
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMinyak Bali apakah sudah Ber BPOM?
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal Rumah Duka Dustira 
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDr Laser Penipuan Dan Bohong? Simak Penjelasan Berikut Ini
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal Secara Singkat Tentang Alat Defibrillator
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail