Ketahui Ciri – Ciri Bila RAM Laptop Rusak

Bisa di katakan bahwa komponen – komponen yang ada pada laptop ini memiliki usia pemakaian. Sehingga akan ada masanya mengalami kerusakan. Kerusakannya pun beragam sekali masalahnya.

Bila kita sedang memakainya ternyata tiba – tiba mengalami kerusakan, yakinlah 100% akan mengalami kejengkelan mendalam.

Salah satu komponen yang penting dalam sebuah laptop adalah RAM. RAM atau Random Access Memory ini memiliki sebuah fungsi menarik yang mana memory yang ada ini akan di ambil secara acak saat laptop itu nyala.

Ciri Bila RAM Laptop Rusak

Lalu bagaimana kita tahu bahwa RAM tersebut mengalami kerusakan. Di bawah ini ada beberapa informasi yang bisa di jadikan panduan cara mengetahuinya. Ini di ambil dari situs andra7208computer.com yang mengulasnya :

#1. Laptop menjadi lambat
Pernah mengalami sedang memakai laptop kog terasa labih lambat. Padahal tidak sedang menjalankan aplikasi yang berat. Yang bisa dilakukan cek dulu di task manager, cek bagaimana penggunaanya memorynya. Kalau ternyata hanya terpakai sebagian kecil saja maka perlu di curigai. Untuk itu coba cek dulu pemasangan dari RAM sendiri apakah sudah benar atau belum. Bila sudah benar dan tetap sama maka segera saja ganti dengan RAM yang baru saja.

#2. Laptop mendadak mati sendiri
Laptop yang sering mati atau restart sendiri juga jadi salah satu ciri – ciri kalau RAM mengalami kerusakan. C oba perhatikan benar g ini terjadi pada laptop anda??

#3. Terdengar suara beep yang berulang
Ciri lain bila RAM mengalami kerusakan adalah saat di nyalakan mengeluarkan suara bep beep yang berulang tidak berhenti. Maka dari itu cel segera apakah beneran rusak atau slotnya kotor. Bila rusak maka yang harus di lakukan adalah ganti dengan yang baru saja.

#4. Blue screen
Pernah tidak layar laptop menampilkan warna biru saja. Kondisi ini di namakan bluescreen. Beberapa hal yang sering terjadi adalah karena windows yang corrupt, harddisk error, hingga RAM. Pada saat terjadi umumnya akan memberikan pesan yang jelas kerusakan apa yang sedang terjadi, salah satunya RAM.

#5. Aplikasi sering error
Terkadang kita jumpai kalau aplikasi yang dipasang ini sudah atau bahkan tidak bisa di buka. Bisa jadi RAM yang ada rusak. yang mana aplikasi tak bisa mengakses memory pada RAM. Makanya aplikasinya tak bisa berjalan.

#6. Laptop jadi cepat panas
Salah satu indikasi kalau RAM ini mengalami kerusakan adalah dengan mudahnya mengalami panas ketika setelah di nyalakan meskipun baru sebentar saja. Bila terjadi ya segera saja ganti yang baru deh jangan pikir terlalu lama.

Kondisi kerusakan laptop pada RAM inisering terjadi pada pemilik laptop di daerah depok, sehingga jasa service laptop di depok khususnya pada permasalah RAMini banyak di cari.