Ini 5 Strategi Pemasaran yang Ampuh dan Hemat!

Melakukan strategi pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah bisnis dan disaat yang sama pengembangan strategi pemasaran ini memakan dana yang paling besar daripada yang lain, maka dari itu perancangan strategi pemasaran ini perlu dilakukan secara cermat agar lebih banyak konsumen yang terjangkau tetapi dana yang digunakan bisa lebih minim.

Strategi pemasaran yang baik akan membuat pengeluaran yang lebih efektif. Yuk simak beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan menghemat biaya tapi tetap efektif ini.

  1. Siaran pers atau berita

Dengan menggunakan pers atau berita ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk dilakukan karena orang-orang masih membecara berita atau artikel secara teratur. Jika kamu memiliki bisnis yang unik dan layak untuk dilaporkan maka sebagian besar media ini akan dengan senang hati meliputnya sehingga akan ada lebih banyak segmentasi yang tercapai.

  1. Perluas dengan referal

Kamu bisa menggunakan referal berarti kamu menciptakan sistem dimana bukan perusahaan yang melakukan pemasaran tetapi pelanggan itu sendiri yang melakukannya. Dengan kata lain kamu melakukan pemasaran melalui mulut ke mulut atau word of mouth dari pelanggan ke pelanggan lain. Program ini tidak memerlukan biaya yang besar dan jika kamu paham cara kerjanya kamu bisa saja tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk ini.

  1. Content marketing

Pemasaran ini memiliki cara kerja dengan membuat akun media sosial untuk bisnis kamu, dan kamu rutin memasukkan konten ke dalam akun tersebut. Konten ini bisa kamu masukkan setiap hari atau seminggu sekali bergantung pada kesiapan konten yang telah kamu buat. Informasi dalam konten bisa apa saja seperti mengulas produk, hiburan atau tips dan trick.

  1. Membangun forum dan kelompok

Pemilik usaha harus selalu up to date dengan segala hal yang berlangsung diluar, pemilik bisnis ini juga tidak boleh ansos karena jika kamu ansos kamu akan kesulitan berkomunikasi dengan publik. Kamu bisa melakukan perluasan jejaring sosial dengan bergabung di beberapa kelompok yang ada di daerah kamu, semakin kamu terlibat dalam komunitas maka kesempatan mendapatkan audiens pun akan semakin besar.

  1. Lakukan personal branding

Personal branding merupakan strategi yang dilakukan untuk mempromosikan diri serta keahlian kamu di sosial media, sehingga kamu akan mendapatkan audiens atau pengikut yang bisa kamu arahkan ke akun bisnis kamu. Jika kamu melakukan hal ini, bisa dijadikan sebagai minat dan hobi bahkan jalan pintas agar usahamu lebih dikenal.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu agar bisnis kamu memiliki strategi pemasaran yang terencana dengan matang sehingga bisa membantu usaha kamu  untuk tetap tumbuh. Simak artikel menarik lainnya disini.