Menu

Berbagai Macam Kegunaan Minyak Esensial

Hai hai hai! Kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai kegunaan minyak esensial. Minyak esensial memiliki berbagai kegunaan salah satunya yaitu untuk mengobati sakit kepala. Minyak esensial dibuat dengan cara penyulingan yang menggunakan mesin dinamakan mesin destilasi minyak atsiri. Untuk informasi selanjutnya tentang kegunaan minyak esensial, yuk simak artikel berikut ini!

Kegunaan Minyak Esensial

kegunaan minyak esensial

  1. Membantu kamu agat tidur menjadi lebih nyenyak

Beberapa orang pastinya sering mengalami insomnia atau susah tidur. Insomnia sendiri mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat dan tidak produktif di pagi harinya. Beberapa orang pastinya sudah melakukan berbagai cara agar tidurnya menjadi lebih nyenyak. Seperti menghirup berbagai aromaterapi, menghangatkan tubuh, atau mungkin mandi terlebih dahulu. Minyak esensial memiliki kandungan yang dipercaya bisa membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan, aromaterapi yang ada didalamnya memberikan efek yang merilekskan sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  1. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Dengan mengoleskan minyak esensial peppermint dengan campuran etanol pada bagian pelipis maupun dahi dapat meredakan nyeri atau sakit kepala. Selain itu, menurut bangsa Persia juga percaya bahwa dengan mengoleskan campuran minyak chamomile dan minyak wijen kepelipis dapat mengobati sakit kepala maupun migrain. Akan tetapi hal ini masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk membenarkan ungkapan tersebut.

  1. Meningkatkan mood

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mencium minyak rosemary dapat meningkatkan daya ingat hingga 75 %. Sementara dengan minyak esensial peppermint dapat mengembalikan daya ingat atau daya focus seseorang. Menurut salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa minyak esensial peppermint, basil dan helichrysum dapat memulihkan kelelahan dan kepenatan. Jika kamu sedang merasakan tidak mood dalam melakukan suatu aktivitas seperti bekerja, mengerjakan tugas sekolah ataupun yang lain, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak esensial agar mood kamu Kembali meningkat.

  1. Mengembalikan energi dengan cepat

Untuk mengembalikan energi, kamu biasanya melakukannya dengan meminum secangkir kopi. Namun, untuk mengembalikan energi kamu dapat menggantikannya dengan menghirup minyak esensial dengan jenis citrus dan peppermint. Minyak esensial citrus dapat meningkatkan mood serta energi seseorang, meredakan ketegangan yang dipicu dalam kecemasan, stress. Sedangkan peppermint dapat menaikkan performa olahraga yang sedang dilakukan seseorang.

  1. Merawat inflamasi dan rasa sakit pada tubuh

Minyak esensial juga berguna untuk kulit dan wajah lho! Mulai dari tea tree oil yang berguna untuk menghilangkan jerawat dan iritasi terhadap sinar uv atau sinar matahari. Sedangkan minyak peppermint dan chamomile berguna untuk meredakan inflamasi otot. Dan yang terakhir yaitu minyak kayu putih (eucalyptus) dan lemon berguna untuk menyembuhkan sakit tenggorokan pada seseorang yang menderita sakit tenggorokan.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Jika kamu sedang mengalami masalah pada pencernaan, kamu bisa menggunakan minyak esensial peppermint. Karena, kandungan senyawa pada minyak peppermint dapat menenangkan otot otot pada pencernaan dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan sakit perut. Selain itu, minyak peppermint juga dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh seseorang. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa aroma minyak esensial peppermint mampu menurunkan kadar hormone stress kortisol.

  1. Mengatasi gejala PMS

Minyak esensial lavender merupakan salah satu minyak yang sangat serbaguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Karena, minyak lavender dapat memberikan efek yang menenangkan dengan mengurangi kadar hormone stress kortiasol dalam darah. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa aroma wangi bunga lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang terkait dengan relaksasi dan tidur yang nyenyak. Selain itu, minyak lavender juga mdapat meringankan gejala PMS hanya dengan mengoleskannya di bagian perut sembari terus dipijat dengan perlahan dan lembut.

  1. Mengurangi nafsu makan

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, kamu dapat menggunakan minyak esensial jeruk bali merah. Karena, minyak esensial ini mampu menahan rasa lapar. Selain  itu, minyak jeruk bali juga dapat menghambat saraf lambung yang memicu rasa lapar.

  1. Mengobati pilek dan flu

Minyak yang bisa mengobati pilek dan flu yaitu minyak esensial kayu putih. Pilek dan flu seringkali menyerang pada anak anak maupun orang dewasa. Biasanya pilek dan flu ini datang pada saat musim hujan maupun pergantian musim. Menghirup minyak esensial kayu putih dapat mengobati pilek dan flu. Kayu putih mengandung sifat antibakteri yang bisa merilekskan otot otot hidung. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air hangat kemudian hirup aromanya.

  1. Mencegah infeksi

Infeksi adalah luka yang tidak diobati dan menjadi lebih parah. Salah satu minyak esensial yang dapat mengatasinya yaitu tea tree oil. Tea tree oil memiliki sifat antibakteri, antiseptic, dan anti jamur sehingga dapat mencegah infeksi. Selain itu minyak esensial tea tree ini juga berguna untuk mengatasi masalah rambut yang berketombe. Caranya yaitu dengan mengoleskannya langsung pada kepala atau dengan mencampurkannya dengan shampoo dan gunakan untuk keramas.

Kegunaan Minyak Esensial Untuk Mengatasi Masalah Kulit

kegunaan minyak esensial

Berikut adalah beberapa jenis minyak esensial yang dapat membantu mengatasi masalah pada kulit:

  1. Minyak lavender

Minyak esensial lavender merupakan minyak yang sangat popular karen minyak yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah Kesehatan. Lavender membantu mengurangi munculnya tanda penuaan dini dan garis garis halus pada wajah. Selain itu, minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan sehingga dapat digunakan sebagai aromaterapi. Kandungan antioksidan pada minyak esensial ini mampu membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

  1. Minyak lemon

Minyak lemon merupakan minyak hasil ekstrak dari kulit lemon. Sifat antiseptic dan antimikroba pada minyak lemon membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran dan sel kulit masi, serta mencerahkan warna kulit.

  1. Minyak biji rosehip

Minyak esensial biji rosehip mengandung asam retinoate yang mampu membantu mengurangi tanda penuaan di kulit. Dengan menggunakan minyak ini pada wajah dapat membantu menyamarkan keriput, bekas luka serta bintik bintik penuaan dini. Selain itu juga mampu meningkatkan produksi collagen sehingga membuat kulit menjadi tetap kenyal dan lembut.

  1. Minyak geranium

Minyak esensial geranium bermanfaat untuk menyamarkan noda di kulit, terutama bintik gelap akibat paparan sinar matahari. Selain itu juga dapat membantu meregenerasi jaringan kulit karena memiliki sifat antiradang, dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara Membuat Minyak Esensial Menggunakan 2 Bahan

kegunaan minyak esensial

Salah satu jenis minyak esensial yang sangat mudah untuk dibuat yaitu minyak esensial lemon. Minyak esensial lemon memiliki banyak kegunaan. Salah satu kegunaan minyak esensial lemon yaitu dapat mencerahkan kulit wajah. Dalam pembuatan minyak esensial lemon ini hanya memerluka 2 bahan saja lho gays! Yuk simak proses pembuatannya di bawah ini!

Alat dan bahan:

  • Lemon segar secukupnya atau kamu bisa menggunakan lemon peel powder
  • Minyak zaitun
  • Mangkuk / gelas kaca
  • Wadah kaca berwarna gelap

Cara pembuatan:

  1. Langkah pertama yaitu parut kulit lemon dengan hati hati dan jangan sampai terkena bagian putih kulit lemob. Parut secukupnya, sesuai kebutuhan.
  2. Kemudian, masukkan parutan kulit lemon atau lemon peel powder kedalam mangkuk atau gelas kaca.
  3. Jika kamu menggunakan lemon peel powder, disarankan menggunakan lemon peel powder yang terbuat dari kulit lemon kering. Karena, kulit lemon kering mengandung banyak minyak sehingga mampu bekerja lebih efektif.
  4. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun secukupnya hingga seluruh bagian kulit atau bubuk lemon tertutup dengan sempurna seluruhnya.
  5. Tutup mangkuk atau gelas dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung selama kurang lebih 2 minggu.
  6. Setelah didiamkan, saring minyak dan buang residunya lalu pindahkan kedalam botol kaca berwarna gelap.
  7. Minyak esensial lemon homemade siap digunakan!

Jenis Jenis Minyak Esensial Yang Popular

  1. Lavender
  2. Lemon
  3. Peppermint
  4. Tea tree
  5. Kayu putih
  6. Chamomile
  7. Sereh
  8. Kayu manis

Jenis Minyak Esensial Yang Lainnya

  1. Sweet basil
  2. Basil tulsi
  3. Neem
  4. Neroli
  5. Jeruk
  6. Patchouli
  7. Peppermint
  8. Mawar
  9. Rosemary
  10. Rosewood
  11. Saffron
  12. Bunga sedap malam
  13. Kenanga
  14. Melati

Peluang Usaha

kegunaan minyak esensial

Untuk memulai bisnis minyak esensial memang membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini dikarenakan untuk alat dan bahan yang diperlukan mahal mahal. Namun, walaupun membutuhkan modal yang cukup banyak, keuntungan yang didapat akan berlipat ganda. Rata rata, orang sudah ikut gabung dalam bisnis ini akan meraup keuntungan bersih sebanyak 40% dari omset.

Itulah beberapa kegunaan minyak esensial dan juga berbagai penjelasan singkat lainnya. Untuk informasi selanjutnya silahkan baca Kegunaan Minyak Atsiri. semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada kritik atau saran yang membangun, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Terim kasih…

Terima Kasih Telah Membaca Detail Berita: Berbagai Macam Kegunaan Minyak Esensial


Baca juga tentang Keuangan : Solusi pinjaman modal bisnis UMKM gunakan aplikasi Pinjaman BRI persembahan dari Bank Rakyat Indonesia.
Baca Berita lain Berita Terbaru
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangVendor Ruang Untuk Studio Musik Bergaransi
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangIni Dia Sewa Mobil Freezer Surabaya Jakarta
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Mendapatkan Peringkat Halaman yang Baik di Google?
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPraktisi Pembuatan Ruang Studio Musik Berpengalaman
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSpesifikasi Lengkap Flange Stainless Stell
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNutrisi yang baik selaku asupan makan saat masa kehamilan
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangJasa pembuatan kitchen set berkualitas di kawasan Jakarta Timur
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips Merawat Buku Yang Sudah di Cetak
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail