produksi kain spunbond

Sejarah Kain Spunbond

Ketika membahas tentang kain spunbond dan produksi kain spunbond, lebih baik dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan non woven. Karena biasanya kain spunbond disebut juga kain furing Non Woven. Baru berlanjut pada sejarah pembuatan kain spunbond.

Ulasan ini akan membahas tentang mengapa kain spunbond disebut juga sebagai kain furing non woven, kemudian berlanjut kepada pembahasan metode-metode yang digunakan dalam sejarah pembuatan kain Spunbond. Simak selengkapnya.

Pengertian Non Woven

Non Woven sendiri memiliki arti bukan tenunan. Kain spunbond disebut juga furing non woven karena dalam proses produksinya tidak ditenun. Yaitu menggunakan metode dry laid atau peletakan kering, wet laid, atau peletakan basah, dan spun melt atau utaran leleh.

Dalam produksinya, proses pembuatan kain spunbond berjalan dalam proses yang panjang dengan menggunakan teknologi pengolahan kimia yang ramah lingkungan. Teknik mekanik rumit, dan proses pencampuran bahan yang sempurna. Proses ini dilakukan di tempat produsen kain spunbond.

Metode Dry Laid

Dalam sejarah pembuatan kain spunbond, terdapat metode dry laid di mana peletakan dilakukan dengan peletakan yang kering. Pembuatan kain spunbond dengan metode ini akan menghasilkan jarring serat dengan tekstur yang acak.

Cukup panjang proses dalam metode produksi kain spunbond dengan dry laid. Pada akhir proses, adonan serat yang bergerak sejalan dengan arah gerak mesin akan membentuk jaring yang menyatu dan terstruktur di bawah permukaan jarum silinder.

Metode Wet Laid

Kemudian dalam metode produksi Wet Laid, tidak jauh berbeda dengan prinsip dalam produksi serat, tetapi terdapat perbedaan dalam banyaknya serat sintetis yang digunakan. Proses Wet laid diakhiri dengan menekan jarring yang sudah dibentuk di antara dua rol berjalan kemudian didiamkan lagi.

Metode Spun Melt

Metode Spun Melt dipandang sebagai metode paling cepat dibandingkan metode lainnya. Dalam produksinya, jaring yang dibuat hanya menggunakan pintalan filamen yang berbentuk cair, kemudian dilelehkan di atas jaring yang ada.

Salah satu produsen yang melakukan produksi kain spunbond dengan kualitas tinggi dapat anda dapati di website https://mmgnonwoven.com/ dengan pelayanan dan kualitas terbaik yang bisa anda dapatkan.